Wangi Melati

Thursday, November 13, 2008

Antara Kohati cabang dan Kohati PB

Di sela istirahat sebuah pelatihan, Leli, Ketua umum kohati cabang Langkat curhat padaku. Pasalnya dia mendapat sms dari kandidat ketua umum KOHATIi PB HMI yang kalah. Sebuah permohonan maaf karena dia tidak bisa menempatkan posisi orang-orangnya di kepengurusan ketua umum Kohati PB yang terpilih.

Aku tau pasti bahwa tak ada pengurus yang di rekomendasi dari Kohati cabang Langkat. Maka ku bertanya pada Leli.

"Memangnya jika orang-orang kandidat kalah tersebut masuk di kepengurusan akan ada pengaruh positif di Kohati cabang Langkat?"

Leli diam. Tak menemukan jawaban pengaruh yang ada.
Kulanjutkan lagi pertanyaanku, karena aku teringat, aku mengalami hal yang sedikit sama.

"Sebaliknya, Apakah jika kohati cabang Langkat mendukung ketua kohati terpilih sekarang, ada pengaruh positif di Kohati cabang Langkat?".

jawabnya

"Mungkin".

Tetap saja tersirat diwajahnya kebingungan karena tak menemukan jawabannya.

Ya..Mungkin. Itu jawaban yang tepat.
Lebih tepatnya lagi : Nyaris tidak ada.

Hubungan Kohati PB dengan Kohati cabang berbeda dengan hubungan PB HMI dengan HMI cabang. Kohati PB ke kohati cabang hanya memiliki hubungan koordinasi, bukan instruksi. Hubungan Koordinasi ini tak punya kekuatan dalam memberikan sanksi organisasi dalam rangka pembinaan. Seandainya ada Kohati cabang yang tidak melakukan hal-hal yang di gariskan dalam PDK, maka Kohati badko lah yang menjadi tempat konsultasi lebih dulu, bukan Kohati PB HMI. Dan jika pembenahan yang dilakukan, misalnya sanksi organisasi, maka yang berhak melakukan adalah HMI cabang, atau PB HMI.

Dari sini terlihat, Kohati PB HMI hanya simbol adanya keberadaan lembaga kohati di tubuh HMI. Namun fungsinya sebagai pembinaan organisasi di tingkatan lebih rendah berada di Kohati Badko karena kedekatan daerah tentunya.

No comments:

Jejak Kohatiku